Tips untuk Memasang Wallpaper Dinding Sendiri

Tips untuk Memasang Wallpaper Dinding Sendiri – Wallpaper dinding merupakan pilihan material finishing dinding yang banyak diminati, dikarenakan wallpaper memiliki corak, jenis dan warna yang beragam. Selain itu, pemasangannya yang mudah dan praktis membuat banyak orang beralih menggunakan wallpaper. Memasang wallpaper dinding harus tepat dan benar, agar ruangan lebih indah.

Memasang Wallpaper Dinding Sendiri

Beberapa Tips untuk Memasang Wallpaper Dinding Sendiri

Siapkan Alat dan Bahan

Langkah pertama, untuk Memasang Wallpaper Dinding Sendiri, dimulai dengan menyiapkan bahan dan peralatan yang diperlukan. Pilih pola wallpaper yang disukai, siapkan juga work tool berikut:

  • Lem.
  • Tangga.
  • Pemotong.
  • Pensil.
  • Penggaris.
  • Alas terbuat dari plastik.
  • Meter.
  • Kuas untuk lem.
  • Berat lengkap dengan benang.
  • Ember untuk lem dan roller.

Jika Anda ingin memasang wallpaper, Anda tidak akan memiliki masalah. Pastikan luas dinding yang ingin ditutup dengan wallpaper sudah diukur terlebih dahulu. Jadi Anda bisa menentukan berapa meter wallpaper yang dibutuhkan.

Bersihkan Permukaan Dinding

Sebelum proses pemasangan wallpaper dinding dilakukan, jangan lupa untuk membersihkan dinding terlebih dahulu. Entah dari noda atau kuku yang mungkin masih menempel. Dinding yang bersih akan membuat wallpaper menempel dengan baik dan kuat. Pastikan juga dinding tidak merembes, mengisi lubang atau memiliki tonjolan yang membuat dinding tidak rata. Tunggu sampai dinding kering baru bisa dipasang wallpaper.

Memotong Wallpaper Dinding

Langkah selanjutnya cara memasang wallpaper dinding adalah memotong wallpaper yang sudah disiapkan sesuai dengan lebar dan tinggi dinding ruangan. Untuk sisi yang terakhir, jangan lupa beri kelebihan 20 hingga 30 cm untuk bagian sambungan. Hal ini penting dilakukan agar terlihat serasi jika sambungan wallpaper ditumpuk.

Saat memotong wallpaper, pastikan juga tidak ada bagian yang sobek atau berubah bentuk. Dalam memotong lembaran kedua, jangan hanya memotongnya. Perhatikan polanya terlebih dahulu untuk menghindari pola yang tidak nyambung dengan baik.

Untuk mengeceknya, buat garis antara bagian pertama yang sudah dipotong dan gulungan yang belum dipotong. Posisikan sampai terbentuk pola yang benar. Kemudian tandai wallpaper yang belum dipotong, lalu potong wallpaper.

Saluran Bantuan untuk Menyesuaikan Posisi Wallpaper

Proses memasang wallpaper dinding harus dibantu dengan penggaris atau garis bantu lainnya. Misalnya, benang dan beban digantung untuk menggambar garis bantu lurus menggunakan pensil dari atas ke bawah. Hal ini dilakukan agar posisi wallpaper terpasang rapi dan lurus.

Apa Saja Tips untuk Memasang Wallpaper Dinding Sendiri?

Siapkan Lem

Lem merupakan bagian yang tidak boleh dilupakan dalam pemasangan wallpaper. Setidaknya dalam proses yang satu ini dibutuhkan 2 buah lem. Yaitu lem untuk meratakan permukaan wallpaper dan yang lainnya adalah lem untuk penyambungan antar wallpaper.

Bedanya, lem untuk sambungan biasanya lebih tebal, sehingga tidak membutuhkan banyak air. Lem kedua ini juga digunakan pada bagian pinggir dinding agar pemasangan lebih perekat dan tahan lama. Larutkan lem dalam wadah yang sudah disiapkan dan tunggu beberapa saat.

Oleskan Lem pada Wallpaper

  • Setelah lem yang dibutuhkan sudah siap, persiapan selanjutnya cara memasang wallpaper dinding adalah menyiapkan wallpaper dinding.
  • Yang telah dipotong di atas meja panjang yang telah dilapisi plastik bersih.
  • Oleskan lem dan jangan terlalu basah karena akan menyebabkan gelembung atau permukaan yang tidak rata.
  • Sapu dengan hati-hati.
  • Di tepi wallpaper, olesi dengan lem yang lebih tebal.
  • Gunakan kuas atau rol dan usahakan selalu merata.

Mulai Memasang Wallpaper

Setelah memastikan persiapan awal sudah beres, proses selanjutnya adalah memasang wallpaper dengan motif atau pola yang diinginkan. Untuk lembar pertama, potong wallpaper dengan panjang yang sesuai dengan tinggi dinding. Kemudian oleskan pada lantai yang telah dilapisi alas dan oleskan lem menggunakan kuas pada bagian belakang wallpaper.

Setelah lem merata, diamkan beberapa menit sebelum melanjutkan ke proses selanjutnya. Pemasangan wallpaper biasanya dimulai dari bawah ke atas sehingga sisa wallpaper berada di atas dan tidak terlihat dari bawah. Saat memasang, pastikan tidak ada gelembung udara.

Tekan wallpaper ke dinding dengan menggunakan penggaris agar rapat dengan sempurna. Selanjutnya ratakan wallpaper setelah terpasang dengan roller. Itulah ulasan tentang tips untuk Memasang Wallpaper Dinding Sendiri. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.